Tuesday, August 16, 2016

Mengapa Kimiasutra? Selamat Datang Batman & Robin!


Saya dan Irvan Kartawiria, sebenarnya punya hobby yang beragam. Walaupun sama-sama bergabung dengan milis Jalansutra-ya Pak Bondan, tapi Irvan juga aktivis Sahabat Museum bersama sang istri Dila Bondan. Dia suka segala sesuatu berbau jadul, dari lagu Guns n Roses, tokoh Batman, sampai bangunan kuno bersejarah di Jakarta Kota. Irvan pernah jadi tur leader bareng Andrew Mulianto, sekarang jadi selebritis Stand Up Comedy, dan hobby-nya paling mutakhir adalah JKT48. Oh iya, beliau bergelar doktor dan berprofesi sebagai dosen!

Saya sendiri, punya karir yang tak kalah beragam. Saya justru memulai karir pergaulan dari menulis review makanan. Lalu review hotel. Lalu lanjut ke menulis caper alias catatan perjalanan, karena saya cinta banget sama jalan-jalan. Caper saya lumayan lho! Mantan pacar yang sekarang jadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (untouchable...ups! Haha) Republik Harnaz, konon mulai melirik saya karena membaca caper saya di milis. Saya suka menulis apa saja, mulai dari musik sampai makanan, dan kemudian menjadi kontributor The Jakarta Post. Saya berprofesi sebagai manajer kuli penjaja kompresor, bergelar master hanya untuk gaya ditulis di undangan nikah!

Lalu.... mengapa Kimiasutra? Kang Irvan jago juga menulis sejarah dan komedi. Saya sendiri cukup mumpuni menulis caper jalan-jalan. Mengapa Kang Irvan dan saya report-repot menjabarkan rumus kimia dan sibuk melawan berbagai hoax yang menyerang kita?

Topik ini muncul dalam obrolan kami di suatu sore di laboratorium tempat Irvan dan saya mengajar. Kami membuat kesimpulan, bahwa konten ilmiah ini nih, yang paling dibutuhkan Indonesia, dan paling sedikit suppliernyah. Kalo menulis caper sudah ada Naked Traveler. Menulis review makanan sudah ada Jeny Jenzcorner. Tapi menulis sains secara sederhana dan lucu.... belum ada!

Padahal, di jaman informasi ini, setiap hari kita dihantam berita sains, baik yang hoax maupun yang beneran (banyakan hoax sih). Beras plastik. Krimer meledak kena api. Minum cuka dan bawang putih membersihkan pembuluh darah. Mabok minum rebusan pembalut. Bakso mengandung boraks. Mie instan disita karena mengandung pengawet terlarang. Kopi sianida! Dan buanyaaaak lagi. Banyak yang menjadi korban: tukang beras, tukang kopi Vietnam, tukang bakso, hanya bisa menggigit jari karena masyarakat begitu mudahnya percaya berita dan menyebarkannya bak virus flu di kolam bola!

Maka, hadirlah Kimiasutra. Misi kami sederhana: menjelaskan kimia dalam bahasa manusia. Fokus kami pada kimia kuliner. Kami melawan semua hoax dan nabi-nabinya. Jika ada yang menganggap orang Indonesia gampang dibodohi, hati-hati! Ketika hoax datang, maka di langit ada simbol Batman dan Robin Kimiasutra yang disorot lampu. Batman-nya berambut gelombang, kacamata tebal, agak buncit, dan suka nyengir. Robin-nya botak plontos, kalo ketawa ngakak gak jelas, buncit bucitreuk, dan sok tahu. Kamilah @irvankarta dan @itsharnaz, Batman dan Robin Kimiasutra, siap membela Gotham City kejahatan hoax kimia kuliner!

"I made a promise on the grave of my parents that I would rid this city of the evil that took their lives. By day, I am Bruce Wayne, billionaire philanthropist. At night, criminals, a cowardly and superstitious lot, call me.... Batman"

"Holey rusted metal, Batman! The ground. It's all metal. It's full of holes. You know, holey"

Terima kasih untuk Liquid Production House yang sudah membantu kami membuat video yang ciamik tenan. Nantikan video baru kami setiap minggu, selalu membahas berita kimia kuliner terbaru. Tayang perdana 17 Agustus 2016, yuk follow kami di youtube kimiasutra. Merdeka!

Salam,

Robin. Batman lagi beli martabak sama Alfred pake Batmobil yang dijadiin Uber Black.

No comments:

Post a Comment